Sebagian orang masih ada yang menolak dilakukan pencabutan gigi karena mengaitkannya dengan hal-hal yang belum tentu benar. Entah apa yang mendasari anggapan tersebut, tetapi beberapa di antaranya menjadi keyakinan yang beredar di masyarakat.

Apa saja sih mitos-mitos mengenai pencabutan gigi? Yuk simak penjelasan di bawah ini!

Mitos 1: Cabut Gigi Menyebabkan Kebutaan

Fakta: Pencabutan gigi tidak akan menyebabkan kebutaan karena saraf gigi dan saraf mata itu memiliki percabangan yang benar-benar berbeda. Jadi, anggapan kalau cabut gigi dapat membuat mata menjadi buta itu salah kaprah ya.

Mitos 2: Cabut Gigi Solusi Utama untuk Sakit Gigi

Fakta: Bila anda mengalami sakit gigi, jangan terburu-buru minta gigi anda dicabut. Pencabutan gigi merupakan pilihan perawatan paling terakhir bila memang kerusakan gigi sudah sangat parah, sehingga tidak bisa dipertahankan melalui perawatan lainnya. Cabut gigi itu bisa diibaratkan seperti amputasi jari lho. Sekalinya gigi permanen anda hilang, tidak akan ada gantinya lagi. Akibatnya, fungsi pengunyahan pun menjadi terganggu. Jadi, kalau anda mengalami sakit gigi, segera kunjungi doker gigi terdekat untuk konsultasi masalah gigi anda dan mendapatkan solusi yang terbaik ya. Bila pada akhirnya menurut dokter gigi anda gigi tersebut perlu dicabut, tanyakan pula apakah gigi yang dicabut tersebut perlu diganti dengan gigi palsu supaya tidak ada efek negatif yang mungkin timbul ke depannya.

Mitos 3: Cabut Gigi itu Sakit Sekali

Fakta: Sebelum gigi anda dicabut, tentunya dokter gigi akan melakukan pembiusan lokal pada area sekitar gigi yang akan dicabut. Sediaan obat bius tersebut dapat berupa gel, semprotan, atau jarum suntik. Kalaupun dilakukan pembiusan dengan jarum suntik, ukuran jarum suntik yang saat ini digunakan umumnya juga sudah berukuran sangat kecil, sehingga rasa sakit yang dirasakan sudah sangat minimal. Ketika obat bius sudah bekerja, anda akan merasa kebas pada area gigi yang akan dicabut, baru setelahnya dokter gigi akan melakukan pencabutan. Oleh karena itu, anda tidak merasakan sakit lagi saat gigi anda dicabut, hanya terasa ditekan-tekan saja. Jadi, kalau dokter gigi Hi!Dental menyarankan kamu untuk pencabutan gigi, kamu tidak perlu ketakutan lagi ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.