Waktu yang tepat untuk mengajak si kecil ke dokter gigi adalah saat gigi susu mulai tumbuh (ketika memasuki usia kurang lebih 6 bulan) atau paling lambat usia 18 bulan.

“Tapi kan gigi susunya belum lengkap, masa harus periksa ke dokter gigi?”

“Kalau tidak ada keluhan sakit gigi, perlu diajak ke doketr gigi juga?”

Jadi, kunjungan ke dokter gigi jangan menunggu si kecil mengeluhkan sakit gigi atau menunggu anda menyadari ada gigi si kecil yang berlubang. Kunjungan tersebut diperlukan supaya dokter gigi dapat memeriksa kondisi serta tumbuh kembang gigi si kecil. Anda juga dapat diberikan tips cara menjaga kesehatan gigi dan mulut si kecil. Selain itu, si kecil juga dapat “berkenalan” dengan dunia dokter gigi sejak dini. Eitss, tidak sedikit loh anak usia 1 tahun yang sudah memiliki gigi berlubang. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk membawa si kecil ke dokter gigi sedini mungkin. Keuntungannya antara lain:

  1. Membiasakan si kecil dengan lingkungan dokter gigi, sehingga si kecil tidak takut. Bayangkan jika si kecil baru pertama mengunjungi dokter gigi saat giginya sudah berlubang dan terasa sakit, kemungkinan besar dia akan menjadi lebih cemas dan takut.
  2. Lubang gigi yang masih kecil seringkali tidak tampak kasat mata dan hanya dapat terdeteksi di dokter gigi dengan peralatan yang ada. Jika terdeteksi sejak dini, maka perawatan yang dilakukan juga tentunya lebih sederhana dan cepat selesai.
  3. Anda bisa mendapatkan edukasi yang lengkap dari dokter gigi sehingga jika ada kebiasaan atau cara membersihkan gigi yang salah maka dapat diperbaiki segera.

Yuk perkenalkan si kecil dengan dokter gigi sedari dini, tentunya akan sangat bermanfaat bagi kesehatan gigi si kecil ke depannya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.