Untuk memiliki gigi yang sehat dan kuat, kebiasaan menyikat gigi secara rutin perlu ditanamkan sejak dini. Namun, perlu diperhatikan pula bahwa menyikat gigi juga perlu dilakukan dengan cara yang baik dan benar. Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa gigi perlu disikat dengan keras supaya menghasilkan permukaan gigi yang benar-benar bersih. Apakah anggapan ini benar? Anggapan tersebut ternyata tidak tepat, karena menyikat gigi yang terlalu keras justru dapat membahayakan gusi. Gesekan dari sikat yang terlalu kencang dapat mengikis gusi dan menyebabkan gusi mengalami penurunan. Penurunan gusi ini juga dapat berakibat pada tereksposnya permukaan akar gigi, sehingga menyebabkan hipersensitivitas gigi (gigi menjadi sensitif berlebihan). Gigi yang sensitif akan mudah merasa ngilu bila terkena rangsang panas, dingin, atau manis. Kondisi ini tentunya akan membuat makan dan minum menjadi kurang nyaman ya.

Lalu, apa saja sih yang harus diperhatikan saat menyikat gigi:

1.Memilih sikat gigi yang tepat

Sikat gigi yang baik seharusnya memiliki bulu yang halus dan lembut. Selain itu, pilihlah kepala sikat dengan ukuran yang sesuai dengan bukaan mulut anda. Bila mulut anda berukuran kecil, pilihlah kepala sikat yang kecil pula. Hal ini bertujuan untuk memudahkan bulu sikat menjangkau seluruh area di dalam mulut anda, terutama pada area gigi geraham paling belakang, karena area ini merupakan salah satu area yang sulit dibersihkan.

2.Memilih pasta gigi mengandung fluoride

Pasta gigi yang anda gunakan sebaiknya memiliki kandungan fluoride, karena zat ini berfungsi memperkuat struktur gigi anda, sehingga membantu mencegah gigi menjadi berlubang.

3.Menyikat gigi dengan cara yang benar

Cara menyikat gigi yang tepat dimulai dengan memosisikan sikat gigi pada sudut 45 derajat terhadap gusi. Lalu, gerakkan sikat maju dan mundur secara lembut. Pastikan seluruh permukaan gigi terjangkau oleh bulu sikat. Setelah selesai menyikat gigi, sikat pula lidah anda. Lakukan gerakan menyikat dengan perlahan, jangan terburu-buru. Durasi waktu yang disarankan untuk menyikat gigi adalah sekitar 2-3 menit.

Jadi, mulai sekarang, jangan lagi menyikat gigi terlalu keras ya. Mari terapkan cara menyikat gigi yang baik dan benar seperti di atas. Selain itu, kunjungi dokter gigi favorit kamu di Hi!Dental setiap 6 bulan sekali untuk pemeriksaan rutin ya. Hal ini diperlukan supaya bila terdapat masalah gigi, maka dapat dideteksi secara dini dan ditangani secara cepat, sebelum masalah tersebut berkembang menjadi parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.